Tips Kamar Mandi Tak Berjendela Bebas Lembab

Propertiniaga.com, pernahkah menemukan kamar mandi tidak ada akses untuk membuat jendela? Coba diperhatikan gambar Contoh Desain Interior Kamar Mandi Minimalis, disitu ada beberapa desain yang tidak ada jendela untuk sirkulasi udaranya.

Properti-Niaga-kamar-mandi-sehat

Untuk menyiasati kamar mandi yang sudah ada namun tidak memiliki jendela untuk sirkulasi udaranya, agar kamar mandi tersebut tidak lembab berikut ini beberapa tipsnya :

1. Padukan Penggunaan Exhaust Fan dan Jalusi.
Pemasangan Exhaust fan pada plafon dapat digabungkan dengan penggunaan jalusi pada pintu. Jalusi dapat memasukkan udara ke dalam kamar mandi, terutama ketika exhaust fan dinyalakan.

Agar optimal pasang exhaust fan pada plafon berseberangan dengan pintu agar udara dapat berputar di kamar mandi.

2. Manfaatkan Pembuangan Udara AC
Pembuangan Udara AC dapat digunakan untuk mengurangi lembab akibat air. AC ini adalah AC yang digunakan untuk kamar tidur yang letaknya bersebelahan dengan kamar mandi.

Buatlah semacam cerobong di atap kamar mandi. Letakkan blower AC di salah satu sisi cerobong, sedangkan di sisi seberangnya terdapat lubang ventilasi. Pada siang hari, atau saat AC tidak dinyalakan, lubang ini berguna untuk mengalirkan udara ke dalam kamar mandi.

3. Kurangi Air.
Usahakan menggunakan shower, bukan bak mandi yang biasanya selalu diisi dengan air. Adanya air dalam bak mandi merupakan komponen penambah kelembaban di kamar mandi. Penggunaan shower selain mengurangi kelembaban, menggunakan shower ketika mandi juga dapat menghemat penggunaan air. Selamat Berkreasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

19 Komentar untuk "Tips Kamar Mandi Tak Berjendela Bebas Lembab"

  1. Trims tips nya mas.sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  2. Yg saya tahu, rata2 ruko bagian bawah tangganya tu ada kamar mandi yg tak berjendela bebas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Agri, memanfaatkan ruang kosong dibawah tangga.

      Hapus
  3. Ternyata kamar mandi tak berjendela masih bisa diakali agar tdk lembab dengan cara memanfaatkan fitur yg ada di kamar mandi seperti ventilasi udara ya mas, hmmm :)
    Makasih sharingnya yg bermanfaat ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam mendesain kamar mandi memang kita dituntut harus jeli karena tata letak kamar mandi memiliki keunikan tersendiri Mbak Indri,

      Hapus
  4. Kebetulan kamar mandi saya masi ada jendelanya mas, saya nyimak aja hehehe...

    BalasHapus
  5. wuah...telat saya mengenal web ini, padahal rumah saya baru azh selesai dan kamar mandinya ngga berjendela....gimana coba kalau udah begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dengan penambahan Exhaust Fan Mas.

      Hapus
  6. Kamar mandi salah satu bagian rumah yang amat penting fungsinya. Memang pada umumnya kamar mandi tidak mempunyai jendela yang memadai seperti yang dimiliki famili saya yang tinggal di perumahan. Hanya ada ventilasi diatas pintu dan diatas plafon dipasang genteng kaca sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam kamar mandi. Kebersihan, kesehatan, dan kenyaman di dalam kamar mandi harus tetap dijaga dengan baik. Terima kasih tipsnya. Panduan yang praktis dan bermanfaat. Salam cemerlang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebersihan, kesehatan serta kenyaman di kamar mandi harus tetap dijaga. Peran kamar mandi dalam suatu bangunan sangat penting.

      Hapus
  7. Terimakasih Teman informasinya, ternyata masih bisa diakali ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menambah sedikit sentuhan khusus untuk kenyamanan kamar mandi

      Hapus
  8. biasanya kamar mandi ada jendela nya mas, meskipun kecil untuk sirkulasi udara. Tapi kalau nggak ada pasti bau banget ya hmmm :)
    jadi harus coba tips diatas ya mas biar kamar mandinya nggak bau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Eka, kamar mandi kalau tidak ada sirkulasi udaranya jadi sarang penyakit nantinya

      Hapus
  9. Kamar mandi rumah jadul pedesaan biasanya diluar dekat halaman depan terpisah dari rumah utama tapi kini mungkin dianggap memalukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sebenarnya itu lebih menyehatkan, yang penting penataan desain yang baik agar lebih menarik

      Hapus
  10. thanks gan artikel nya sangat membantu, kalo saya biasanya memberikan fentilasi tambahan atau memakai pintu kamar mandi aluminium yang ada lubang fentilasinya, agar udara dapat keluar masuk dengan bebas.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel